A.
PENDAHULUAN
Pembelajaran Online ( Electronic learning / E-learning),
adalah hasil dari pembelajaran yang disampaikan secara elektronik dengan
menggunakan komputer dan media berdasarkan komputer. Materinya
dapat diakses dari seluruh dunia. Dan sumbernya antara lain; website, internet, intranet, CD
rom, dan DVD. E-learning tidak hanya mengakses informasi tetapi juga membimbing
pembelajar untuk hasil yang spesifik. Dalam pembelajaran, E-learning
dapat memonitor aktivitas siswa dan peningkatan belajar siswa. Dalam menggunakan
E-learning
guru harus mampu memilih teknologi dan media terbaik untuk membantu siswa
belajar.
Sebagai guru kita harus tahu perbedaan antara Pembelajaran Jarak
Jauh ( yang dipelajari di bagian ke 6) dan Pembelajaran Online (yang akan
dipelajari di bagian ini). Sebagai
acuannya kita dapat melihat perbedaan dan persamaan antara Pembelajaran Online
dengan Pembelajaran Jarak Jauh
|
PJJ
|
Pembelajaran Online
|
Perbedaan
|
Pembelajaran melalui media
telekomunikasi seperti radio, telpon, televisi
Komunikasi berjala satu arah
|
Pembelajaran melalui komputer, dan
juga jaringan internet,
Komunikasi dua arah
|
Persamaan
|
·
Dapat digunakan sebagai
bagian dari program penyusunan pembelajaran
·
Dapat digunakan pada semua
tingkat
·
Dapat digunakan pada
pendidikan formal dan informal
·
Dapat digunakan pada semua
materi pembelajaran
·
Dilakukan oleh guru dan
siswa yang terpisah secara fisik
|
B. PEMBELAJARAN
ONLINE
Penerapan pembelajaran online sedang
berkembang saat ini,
siswa memang tidak lagi hanya memiliki
akses pada buku teks, tetapi akses tersebut jauh
diluar dinding bangunan sekolah. Guru dan siswa dapat memperoleh informasi yang
banyak, beragram, jauh, serta dapat mengakses
perpustakaan diseluruh dunia.
Guru dan siswa dapat meningkatkan
pembelajaran dikelas dengan mengakses informasi dari sebuah sumber (database,
perpustakaan, dan suatu kelompok studi), berkomunikasi melalui komputer dengan
siswa lain atau ahli di bidang studi tertentu, serta bertukar informasi.
Seperti Monarch Butterfly Migrattion yang dilakukan oleh Annenberg Fondation and the GeoBee Challenge
of The National Geograpich
Guru dan siswa dapat mengakses dokumen
elektronik (seperti PDF Searchengine.com) untuk meningkatkan kegiatan belajar.
Siswa dapat berpartisipasi aktif, karena pembelajaran online menyediakan
lingkungan belajar yang interaktif. Siswa dapat
menghubungkan informasi elektronik ke makalah atau proyek mereka. Karena kemampuan
komputer yang begitu hebat, komputer telah menjadi perpustakan yang tidak ada
batasannya. Sisa mampu berkomunikasi secara tepat dengan teks, gambar, suara,
data dan video dua arah, interaksi yang
dihasilkan mengubah peran guru dan siswa
1.
Keuntungan
a.
Keragaman
Media. Inernet adalah alat serba guna dalam menyampaikan informasi kepelajar di seluruh
dunia.situs internet bisa terdiri dari bermaca macam media ( Video,
audio,data,grafik, animasi dan software yang bisa didownload)
b.
Informasi Yang Aktual.
Sampai sekarang, pendidik dibatasi dengan sumber yang ada di kelas dan sekolah.
Sekarang, dengan kemampuan untuk berhubungan dengan sumber di masyarakat dan
seluruh dunia, pandangan baru pada pengajaran dan belajar terbuka.
c.
Menjelajah, Manfaat
utama internet adalah
kemampuan untuk berpindah pindah secara mudah antara berbagai dokumen hanya
dengan meng-klik mouse.
d.
Pertukaran ide, siswa
dapat bergabung dalam percakapan dengan ahli atau pakar dalam studi pada bidang
tertentu.
e.
Komunikasi yang Tepat.
E mail dapat menjadikan orang di berbagai lokasi untuk berbagi ide.
f.
Biaya yang rendah.
Harga hardware, software, waktu telepon dan jelajah komunikasi berupa nominal yang
dapat ditekan.
2. Keterbatasan
a.
Materi yang
tidak sesuai dengan tingkat umur. beberapa topik yang didiskusikan pada jaringan komputer, khususnya
di internet tidak sesuai untuk bagi
para siswa. Misalnya iklan tembakau dan alkohol ada
di internet bersama dengan permainan dan musik yang anak-anak nikmati.
b.
Hak Cipta.
Karena Informasi dapat diakses dengan mudah, download file yang simpel, dengan
sedikit perubahan yang ilegal, siswa dapat menggunakannya pada makalah atau
proyek yang bukan hasil kerja nya.
c.
Pertumbuhan
yang tidak dapat diramalkan. Diperkirakan, ribuah website ditambahkan di
internet setiap harinya, hal ini mengakibatkan pencarian informasi menjadi
lebih sulit.
d.
Dukungan.
Dukungan teknis yang baik dibutuhkan untuk kesiapan. Tampa dukungan yang
memadai jaringan komputer bisa gagal.
e.
Akses,
Komputer harus memiliki hardware dan software yang cocok untuk tersambung ke
jaringan internet. Pada sistem wireless, pengguna harus memliki izin yang diperlukan
untuk menggunakan sistem.
f.
Kecepatan
Akses. Keterbatasan lain adalah kecepatan dimana pengguna dapat mengakses
informasi.
g.
Kurangnya
kontrol kualitas. Para siswa harus menjadi pembaca dan pemikir kritis yang
mengetahui bagaimana mengevaluasi informasi
3.
Integrasi
Banyak pilihan dari Pembelajaran
Online yang bisa dikembangkan. Kita dapat menemukan sumber (belajar) yang dapat di gunakan untuk
menambah aktivitas kelas, Program kursus yang lengkap, e-mail
untuk kemudahan komunikasi, atau rumah informasi dari topik yang diminati.
Banyak pelatihan dan program studi yang tersedia pada pembelajaran
online. Siswa dapat mengambil kelas tingkat lanjutan dari sekolah tinggi,
perguruan tinggi atau universitas dimanapun diseluruh
dunia. Dengan beberapa aplikasi software yang menyediakan kemudahan akses ke
pembelajaran dan sumber untuk instruktur dan siswa untuk pembelajaran online
yang berhasil. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh orang yang
ingin melakukan studi akademis, yaitu
a.
Kredibilitas
lembaga yang ditawarkan
b.
Masalah
kualitas dan kekakuan pelatihan
c.
Biaya yang
dibutuhkan.
E-mail adalah alat komunikasi teks antara individu yang bisa
diintergrasikan dalam pelajaran dan digunakan siswa dalam mengumpulkan informasi dan mengajukan pertanyaan.
Meskipun siswa bisa
mengakses informasi di web, pencarian yang mereka lakukan seringkali menggunakan keterampilan berpikir yang acak dan rendah. Guru bisa
menggunakan ‘Webquest’ untuk membantu siswa menggunakan web secara efektif
dalam mengumpulkan informasi untuk aktivitas belajar yang bersumber pada siswa
(Dogde, 1999). Webquest merupakan aplikasi yang berorientasi kepada kegiatan
simulasi penemuan ( Inquiry simulation) yang mana sebagian atau semua informasi
saling mempengaruhi siswa dengan sumber yang didapat di internet. Ada beberapa
langkah khusus dalam web quest;
a.
Pengenalan,
sebuah skenario konsep kunci untuk mempersiapkan siswa
bertanya.
b.
Tugas,
siswa mengidentifikasi isu atau masalah
dan membentuk pertanyaan bagi Webquest.
c.
Sumber,
Sumber di idenifikasi oleh guru dan siswa menyelidikinya di webquest.
d.
Kesimpulan,
ini adalah akhir dari Webquest. Webqust diakhiri dengan sebuah evaluasi proses
siswa menggunakan tanda tertentu untuk pencapaiannya.
Webquest dapat diterapkan pada jenis-jenis informasi dan pelajaran
berikut :
·
Memonitor
peristiwa yang terjadi saat ini untuk pelajaran sosial
·
Aktivitas
pengetahuan alam, sepeti mengamati cuaca
·
Database
informasi untuk tugas menulis yang diekspose
·
Teka teki
matematik, untuk berpikir logis
·
Kelompok
diskusi
·
Bank Kerja
Salah satu aplikasi
pembelajaran elektronik yang berkembang di tingkat P 12 adalah meningkatkan
kemampuan membaca dengan menghubungan siswa dengan sahabat pena elektronik atau
sahabat kunci. Misalnya seorang guru menghubungkan siswanya dengan mahasiswa
yang belajar dikelas metode seni bahasa pada sebuah universitas negeri.
Sistem juga dirancang untuk memberi kesempatan pada siswa berbeda
negara melalui komunikasi yang dimediasi oleh komputer.
C. JARINGAN
Terhubungnya komputer
pada jalur yang memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, maka hal tersebut
disebabkan oleh network (jaringan).
Nilai lebih dari sebuah jaringan adalah setiap individu dapat melakukan
komunikasi dengan yang lain menggunakan jaringan. selain itu semua individu
dapat mengakses informasi melalui jaringan tanpa menghiraukan tipe komputer
yang dimiliki masing masing individu. Jaringan komputer dapat dalam berbagai
bentuk ukuran dan digunakan untuk berbagai macam aplikasi. Salah satu bentuk
jaringan yang dikenal luas adalah internet.
1. Local
Area Network (LAN)
LAN adalah sebuah jaringan komputer
yang menghubungkan berbagai komputer dalam lingkup terbatas, seperti dalam
ruang kelas. LAN bergantung kepada sebuah komputer pusat yang dinamakan dengan
file server yang melayani semua komputer yang terhubung melalui kabel khusus
atau jaringan tanpa kabel. Dengan adanya LAN disebuah sekolah, semua ruangan
kelas disekolah tersebut dapat mengakses data sekolah.
Di
sekolah, penggunaan LAN dapat mengurangi beban
kerja koordinator teknologi, seperti menginstal software, inventaris
software dan tugas tugas lainnya.
2. Wide
Area Network
Jaringan
yang dapat terhubung keluar dari sebuah ruangan atau gedung disebut dengan Wide
Area Networks (WAN) atau jaringan
jangkauan luas. Misalnya pada sebuah kampus ,jaringannya terhubung pada semua
gedung melalui kabel atau sistem fiber. Gedung gedung tersebut terhubung pada
sebuah computer pusat yang tercipta
sebagai ‘Host’ untuk semua software yang digunakan pada umumnya. Bahkan WAN
dapat menghubungkan komputer melampaui
batas geografis.
3. Wireless
Network
Wireless
Network merupakan sebuah jaringan komputer tanpa kabel tetapi menggunakan
teknologi frekuensi radio, gelombang mikro, atau teknologi sinar infra merah
yang ada pada stasiun yang terhubung pada jaringan. Jaringan tanpa kabel
mengurangi kebutuhan kabel dan menekan biaya operasional pemasangannya.
4. Internet
Internet adalah sebuah sistem yang
meliputi seluruh dunia untuk menghubungkan jaringan komputer terkecil secara
bersama-sama. Internet merupakan jaringan dalam jaringan yang melayani
miliyaran manusia diseluruh dunia. Pengguna internet dapat berkomunikasi,
mengakses informasi dan lain lain.
Perusahaan telepon dan televisi
kabel menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi. Jalur ISDN
menyediakan kecepatan lima kali lebih cepat dari jalur telepon biasa. Bahkan
Digital Subcriber Line (DSL) memberikan akses 30 kali lebih cepat dari standar kecepatan telepon biasa.
Sotware
komunikasi khusus menghubungkan komputer pada layanan telekomunikasi. Ketika
terhubung dengan internet , maka anda telah mendapat bantuan dari empat
pelayanan komunikasi, komputer, ISP (index Serial Protokol), Server dan
jaringan telekomunikasi.
Ketika
melakukan pencarian dengan internet sangat penting sekali untuk memperhatikan
aspek hukum dan hak cipta.
5. World
Wide Web ( WWW )
WWW
adalah sebuah jaringan dalam jaringan yang mengijinkan anda mengakses, melihat,
memelihara documen yang mencangkup text, data, sound, dan video.
Web
adalah bagian komunikasi protokol antara pengguna dan server. Protocol tersebut
memberikan informasi dalam dokumen yang dapat terhubung dengan documen lain yang
terdapat di internet.
Web
terdiri dari halaman yang diebut dengan Web Page. Gabungan beberapa halaman
yang terhubung di satu individu disebut web site. Pengguna dapat mengakses
website dengan menggunakan alamatnya atau disebut dengan URL ( Uniform Resource
Locator) misalnya www.unp.ac.id
kedalam daftar pencarian mereka.
Untuk
dapat menggunakan web pada pembelajaran
online, halaman web harus didisain dan
ditulis dan komputer induk harus
teridentifikasi pada server atau hosting.
6. Intranet
Intranet
adalah merupakan tipe khusus sebuah jaringan yang tidak digunakan oleh
masyarakat umum tetapi digunakan secara internal oleh sekolah maupun
organisasi. Intranet adalah jaringan yang bersifat tertutup yang dapat terhubung dengan berbagai situs lintas negara atau seluruh dunia. Sistem
koneksi intranet bersifat khusus dan hanya dapat diakses oleh individual
didalam sebuah sekolah atau organisasi. Intranet merupakan cara untuk menambah
komunikasi, kolaborasi dan penyebaran informasi
di dalam area sekolah maupun devisis, depertamen atau kelompok kerja
yang menggunakan platform komputer yang berbeda.
7. Kelebihan
Network
a. Memberikan
Kenyamanan berkomunikasi lebih
b. Berbagi
Hardware ( Perangkat Keras)
c. Sentralisasi
Informasi
d. Konsistensi
data.
e. Kemudahan
Peredaran
8. Kekurangan
Network
a. Membutuhkan
Biaya yang mahal
b. Membutuhkan
jaringan dan software yang khusus
c. Terbatasnya
Jumlah Pengguna
d. Kekurangan
Koneksi
e. Kecepatan
Respon.
9. Integrasi
Salah satu contoh pembelajaran
secara online dengan menggunakan jaringan adalah Labor Komputer, dengan 15 s/d
20 komputer yang terhubung secara bersama. Ketika guru menginginkan setiap
siswa untuk melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer, maka laboratorium
komputer dapat digunakan olehseluruh anggota kelas untuk mengakses komputer
secara serentak.
Pengawasan dan pengamanan akan
mudah dilakukan bila komputer dalam suatu ruangan. Aplikasi lainnya ketika guru
mengajar di ruang komputer, guru dapat menghentikan kerja layar atau keyboard agar mendapat perhatian dari
siswa.
D.
PERMASALAHAN
Ada
banyak permasalahan yang
berhubungan dengan pembelajaran elektronik, terutama yang berhubungan dengan penggunaan
internet, antara lain:
1.
Keamanan
Siswa
harus diingatkan untuk tidak memberikan informasi pribadi mereka, seperti nomor
telepon, alamat atau informasi pribadi lainnya melalui internet, karena kadang
bisa dijadikan sasaran kejahatan
2.
Pengawasan Siswa
Guru
dan orang tua harus melakukan pengawasan
terhadap siswa ketika menggunakan internet untuk memastikan mereka
menggunakan nya dengan tepat dan mencegah mereka dari penelusuran materi yang
tidak tepat. Dalam melakukan pengawasan ini dibutuhkan juga kerja sama antara
orang tua dan pengurus sekolah karena siswa juga harus merasa nyaman
3.
Peraturan Penggunaan
Peraturan
dalam penggunaan merupakan kesepakatan antara siswa, orang tua dan pengurus
sekolah secara garis besar berisikan
kesepakatan penggunaan internet yang tepat oleh pihak yang terlibat
4.
Etika
a. Usahakan
Pesan yang disampaikan pendek
dan simpel, coba untuk membatasi pesan dalam satu halamn
saja. Pikirkanlah sebelum menulis pesan tersebut.
b. Identitaskan
dirimu sebagai pengirim sesuatu dalam komunikasi, masukan namamu dan alamat
sekolahmu
c. Ulangi
mengecek alamat di URL sebelum mengirim pesan.
d. Ketika
membalas sebuah pesan, sisipkan bagian dari surat aslinya
e. Jangan
tuliskan sesuatu yang kamu tidak ingin oranglain tau
f. Cek
kosakata, tatabahasa dan tanda baca
g. Sensitiflah
terhadap yang lainnya
h. Jangan
Gunakan Kata SARA
i.
Hati hati dengan rasa
humormu
j.
Kerjasamalah dan
berbagi
k. Jagalah
Keaslian Data
l.
Laporkan Kata Kata
Tidak Senonoh
Sumber
Smaldino,
Sharon E. Instructional Technology and Media For Learning. 2008
like ....
BalasHapus