Kamis, 26 April 2012

Pembelajaran Online


A.    PENDAHULUAN
Pembelajaran Online ( Electronic learning / E-learning), adalah hasil dari pembelajaran yang disampaikan secara elektronik dengan menggunakan komputer dan media berdasarkan komputer. Materinya dapat diakses dari seluruh dunia. Dan sumbernya antara lain; website, internet, intranet, CD rom, dan DVD. E-learning tidak hanya mengakses informasi tetapi juga membimbing pembelajar untuk hasil yang spesifik. Dalam pembelajaran, E-learning dapat memonitor aktivitas siswa dan peningkatan belajar siswa. Dalam menggunakan E-learning guru harus mampu memilih teknologi dan media terbaik untuk membantu siswa belajar.
Sebagai guru kita harus tahu perbedaan antara Pembelajaran Jarak Jauh ( yang dipelajari di bagian ke 6) dan Pembelajaran Online (yang akan dipelajari di bagian ini).  Sebagai acuannya kita dapat melihat perbedaan dan persamaan antara Pembelajaran Online dengan Pembelajaran Jarak Jauh

PJJ
Pembelajaran Online
Perbedaan
Pembelajaran melalui media telekomunikasi seperti radio, telpon, televisi
Komunikasi berjala satu arah
Pembelajaran melalui komputer, dan juga jaringan internet,
Komunikasi dua arah
Persamaan
·         Dapat digunakan sebagai bagian dari program penyusunan pembelajaran
·         Dapat digunakan pada semua tingkat
·         Dapat digunakan pada pendidikan formal dan informal
·         Dapat digunakan pada semua materi pembelajaran
·         Dilakukan oleh guru dan siswa yang terpisah secara fisik

B.       PEMBELAJARAN ONLINE
Penerapan pembelajaran online sedang berkembang saat ini, siswa memang  tidak lagi hanya memiliki akses pada buku teks, tetapi akses tersebut jauh diluar dinding bangunan sekolah. Guru dan siswa dapat memperoleh informasi yang banyak, beragram, jauh, serta dapat mengakses perpustakaan diseluruh dunia.
Guru dan siswa dapat meningkatkan pembelajaran dikelas dengan mengakses informasi dari sebuah sumber (database, perpustakaan, dan suatu kelompok studi), berkomunikasi melalui komputer dengan siswa lain atau ahli di bidang studi tertentu, serta bertukar informasi. Seperti  Monarch Butterfly Migrattion yang dilakukan oleh Annenberg Fondation and the GeoBee Challenge of The National Geograpich
Guru dan siswa dapat mengakses dokumen elektronik (seperti PDF Searchengine.com) untuk meningkatkan kegiatan belajar. Siswa dapat berpartisipasi aktif, karena pembelajaran online menyediakan lingkungan belajar yang interaktif. Siswa dapat  menghubungkan informasi elektronik ke makalah atau proyek mereka. Karena kemampuan komputer yang begitu hebat, komputer telah menjadi perpustakan yang tidak ada batasannya. Sisa mampu berkomunikasi secara tepat dengan teks, gambar, suara, data  dan video dua arah, interaksi yang dihasilkan mengubah peran guru dan siswa
1.      Keuntungan
a.       Keragaman Media. Inernet adalah alat serba guna dalam menyampaikan informasi kepelajar di seluruh dunia.situs internet bisa terdiri dari bermaca macam media ( Video, audio,data,grafik, animasi dan software yang bisa didownload)
b.      Informasi Yang Aktual. Sampai sekarang, pendidik dibatasi dengan sumber yang ada di kelas dan sekolah. Sekarang, dengan kemampuan untuk berhubungan dengan sumber di masyarakat dan seluruh dunia, pandangan baru pada pengajaran dan belajar terbuka.
c.       Menjelajah, Manfaat utama internet adalah kemampuan untuk berpindah pindah secara mudah antara berbagai dokumen hanya dengan meng-klik mouse.
d.      Pertukaran ide, siswa dapat bergabung dalam percakapan dengan ahli atau pakar dalam studi pada bidang tertentu.
e.       Komunikasi yang Tepat. E mail dapat menjadikan orang di berbagai lokasi untuk berbagi ide.
f.       Biaya yang rendah. Harga hardware, software, waktu telepon dan jelajah komunikasi berupa nominal yang dapat ditekan.


2.      Keterbatasan
a.       Materi yang tidak sesuai dengan tingkat umur. beberapa topik yang didiskusikan pada jaringan komputer, khususnya di internet tidak sesuai untuk bagi para siswa. Misalnya iklan tembakau dan alkohol ada di internet bersama dengan permainan dan musik yang anak-anak nikmati.
b.      Hak Cipta. Karena Informasi dapat diakses dengan mudah, download file yang simpel, dengan sedikit perubahan yang ilegal, siswa dapat menggunakannya pada makalah atau proyek yang bukan hasil kerja nya.
c.       Pertumbuhan yang tidak dapat diramalkan. Diperkirakan, ribuah website ditambahkan di internet setiap harinya, hal ini mengakibatkan pencarian informasi menjadi lebih sulit.
d.      Dukungan. Dukungan teknis yang baik dibutuhkan untuk kesiapan. Tampa dukungan yang memadai jaringan komputer bisa gagal.
e.       Akses, Komputer harus memiliki hardware dan software yang cocok untuk tersambung ke jaringan internet. Pada sistem wireless, pengguna harus memliki izin yang diperlukan untuk menggunakan sistem.
f.       Kecepatan Akses. Keterbatasan lain adalah kecepatan dimana pengguna dapat mengakses informasi.
g.      Kurangnya kontrol kualitas. Para siswa harus menjadi pembaca dan pemikir kritis yang mengetahui bagaimana mengevaluasi informasi
3.      Integrasi
Banyak pilihan dari Pembelajaran Online yang bisa dikembangkan. Kita dapat menemukan sumber (belajar) yang dapat di gunakan untuk menambah aktivitas kelas, Program kursus yang lengkap, e-mail untuk kemudahan komunikasi, atau rumah informasi dari topik yang diminati.
Banyak pelatihan dan program studi yang tersedia pada pembelajaran online. Siswa dapat mengambil kelas tingkat lanjutan dari sekolah tinggi, perguruan tinggi atau universitas dimanapun diseluruh dunia. Dengan beberapa aplikasi software yang menyediakan kemudahan akses ke pembelajaran dan sumber untuk instruktur dan siswa untuk pembelajaran online yang berhasil. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh orang yang ingin melakukan studi akademis, yaitu
a.       Kredibilitas lembaga yang ditawarkan
b.      Masalah kualitas dan kekakuan pelatihan
c.       Biaya yang dibutuhkan.
E-mail adalah alat komunikasi teks antara individu yang bisa diintergrasikan  dalam pelajaran  dan digunakan siswa dalam mengumpulkan  informasi dan mengajukan pertanyaan.
Meskipun siswa bisa mengakses informasi di web, pencarian yang mereka lakukan seringkali menggunakan keterampilan berpikir yang acak dan rendah. Guru bisa menggunakan ‘Webquest’ untuk membantu siswa menggunakan web secara efektif dalam mengumpulkan informasi untuk aktivitas belajar yang bersumber pada siswa (Dogde, 1999). Webquest merupakan aplikasi yang berorientasi kepada kegiatan simulasi penemuan ( Inquiry simulation) yang mana sebagian atau semua informasi saling mempengaruhi siswa dengan sumber yang didapat di internet. Ada beberapa langkah khusus dalam web quest;
a.       Pengenalan, sebuah  skenario  konsep kunci untuk mempersiapkan siswa bertanya.
b.      Tugas, siswa mengidentifikasi isu atau masalah  dan membentuk pertanyaan bagi Webquest.
c.       Sumber, Sumber di idenifikasi oleh guru dan siswa menyelidikinya di webquest.
d.      Kesimpulan, ini adalah akhir dari Webquest. Webqust diakhiri dengan sebuah evaluasi proses siswa menggunakan tanda tertentu untuk pencapaiannya.
Webquest dapat diterapkan pada jenis-jenis informasi dan pelajaran berikut :
·         Memonitor peristiwa yang terjadi saat ini untuk pelajaran sosial
·         Aktivitas pengetahuan alam, sepeti mengamati cuaca
·         Database informasi untuk tugas menulis yang diekspose
·         Teka teki matematik, untuk berpikir logis
·         Kelompok diskusi
·         Bank Kerja
Salah satu aplikasi pembelajaran elektronik yang berkembang di tingkat P 12 adalah meningkatkan kemampuan membaca dengan menghubungan siswa dengan sahabat pena elektronik atau sahabat kunci. Misalnya seorang guru menghubungkan siswanya dengan mahasiswa yang belajar dikelas metode seni bahasa pada sebuah universitas negeri.
Sistem juga dirancang untuk memberi kesempatan pada siswa berbeda negara melalui komunikasi yang dimediasi oleh komputer.

C.      JARINGAN
Terhubungnya komputer pada jalur yang memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi  dan berbagi informasi, maka hal tersebut disebabkan oleh network (jaringan).
Nilai lebih dari sebuah jaringan adalah setiap individu dapat melakukan komunikasi dengan yang lain menggunakan jaringan. selain itu semua individu dapat mengakses informasi melalui jaringan tanpa menghiraukan tipe komputer yang dimiliki masing masing individu. Jaringan komputer dapat dalam berbagai bentuk ukuran dan digunakan untuk berbagai macam aplikasi. Salah satu bentuk jaringan yang dikenal luas adalah internet.
1.    Local Area Network (LAN)
LAN adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan berbagai komputer dalam lingkup terbatas, seperti dalam ruang kelas. LAN bergantung kepada sebuah komputer pusat yang dinamakan dengan file server yang melayani semua komputer yang terhubung melalui kabel khusus atau jaringan tanpa kabel. Dengan adanya LAN disebuah sekolah, semua ruangan kelas disekolah tersebut dapat mengakses data sekolah.
Di sekolah, penggunaan LAN dapat mengurangi beban  kerja koordinator teknologi, seperti menginstal software, inventaris software dan tugas tugas lainnya.
2.    Wide Area Network
Jaringan yang dapat terhubung keluar dari sebuah ruangan atau gedung disebut dengan Wide Area Networks (WAN)  atau jaringan jangkauan luas. Misalnya pada sebuah kampus ,jaringannya terhubung pada semua gedung melalui kabel atau sistem fiber. Gedung gedung tersebut terhubung pada sebuah computer pusat yang  tercipta sebagai ‘Host’ untuk semua software yang digunakan pada umumnya. Bahkan WAN dapat menghubungkan komputer melampaui batas geografis.
3.    Wireless Network
Wireless Network merupakan sebuah jaringan komputer tanpa kabel tetapi menggunakan teknologi frekuensi radio, gelombang mikro, atau teknologi sinar infra merah yang ada pada stasiun yang terhubung pada jaringan. Jaringan tanpa kabel mengurangi kebutuhan kabel dan menekan biaya operasional pemasangannya.
4.    Internet
Internet adalah sebuah sistem yang meliputi seluruh dunia untuk menghubungkan jaringan komputer terkecil secara bersama-sama. Internet merupakan jaringan dalam jaringan yang melayani miliyaran manusia diseluruh dunia. Pengguna internet dapat berkomunikasi, mengakses informasi dan lain lain.
Perusahaan telepon dan televisi kabel menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi. Jalur ISDN menyediakan kecepatan lima kali lebih cepat dari jalur telepon biasa. Bahkan Digital Subcriber Line (DSL) memberikan akses 30 kali lebih cepat  dari standar kecepatan telepon biasa.
Sotware komunikasi khusus menghubungkan komputer pada layanan telekomunikasi. Ketika terhubung dengan internet , maka anda telah mendapat bantuan dari empat pelayanan komunikasi, komputer, ISP (index Serial Protokol), Server dan jaringan telekomunikasi. Ketika melakukan pencarian dengan internet sangat penting sekali untuk memperhatikan aspek hukum dan hak cipta.
5.    World Wide Web ( WWW )
WWW adalah sebuah jaringan dalam jaringan yang mengijinkan anda mengakses, melihat, memelihara documen yang mencangkup text, data, sound, dan video.
Web adalah bagian komunikasi protokol antara pengguna dan server. Protocol tersebut memberikan informasi dalam dokumen yang dapat terhubung dengan documen lain yang terdapat di internet.
Web terdiri dari halaman yang diebut dengan Web Page. Gabungan beberapa halaman yang terhubung di satu individu disebut web site. Pengguna dapat mengakses website dengan menggunakan alamatnya atau disebut dengan URL ( Uniform Resource Locator) misalnya www.unp.ac.id kedalam daftar pencarian mereka.
Untuk dapat  menggunakan web pada pembelajaran online, halaman web  harus didisain dan ditulis  dan komputer induk harus teridentifikasi pada server atau hosting.
6.    Intranet
Intranet adalah merupakan tipe khusus sebuah jaringan yang tidak digunakan oleh masyarakat umum tetapi digunakan secara internal oleh sekolah maupun organisasi. Intranet adalah jaringan yang bersifat tertutup yang dapat  terhubung dengan berbagai situs  lintas negara atau seluruh dunia. Sistem koneksi intranet bersifat khusus dan hanya dapat diakses oleh individual didalam sebuah sekolah atau organisasi. Intranet merupakan cara untuk menambah komunikasi, kolaborasi dan penyebaran informasi  di dalam area sekolah maupun devisis, depertamen atau kelompok kerja yang menggunakan platform komputer yang berbeda.
7.    Kelebihan Network
a.       Memberikan Kenyamanan berkomunikasi lebih
b.      Berbagi Hardware ( Perangkat Keras)
c.       Sentralisasi Informasi
d.      Konsistensi data.
e.       Kemudahan Peredaran
8.    Kekurangan Network
a.       Membutuhkan Biaya yang mahal
b.      Membutuhkan jaringan dan software yang khusus
c.       Terbatasnya Jumlah Pengguna
d.      Kekurangan Koneksi
e.       Kecepatan Respon.

9.    Integrasi
Salah satu contoh pembelajaran secara online dengan menggunakan jaringan adalah Labor Komputer, dengan 15 s/d 20 komputer yang terhubung secara bersama. Ketika guru menginginkan setiap siswa untuk melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer, maka laboratorium komputer dapat digunakan olehseluruh anggota kelas untuk mengakses komputer secara serentak.
Pengawasan dan pengamanan akan mudah dilakukan bila komputer dalam suatu ruangan. Aplikasi lainnya ketika guru mengajar di ruang komputer, guru dapat menghentikan kerja layar  atau keyboard agar mendapat perhatian dari siswa.

D.      PERMASALAHAN
Ada banyak permasalahan yang berhubungan dengan pembelajaran elektronik, terutama yang berhubungan dengan penggunaan internet, antara lain:
1.      Keamanan
Siswa harus diingatkan untuk tidak memberikan informasi pribadi mereka, seperti nomor telepon, alamat atau informasi pribadi lainnya melalui internet, karena kadang bisa dijadikan sasaran kejahatan
2.      Pengawasan Siswa
Guru dan orang tua harus melakukan  pengawasan terhadap siswa ketika menggunakan internet untuk memastikan mereka menggunakan nya dengan tepat dan mencegah mereka dari penelusuran materi yang tidak tepat. Dalam melakukan pengawasan ini dibutuhkan juga kerja sama antara orang tua dan pengurus sekolah karena siswa juga harus merasa nyaman
3.      Peraturan Penggunaan
Peraturan dalam penggunaan merupakan kesepakatan antara siswa, orang tua dan pengurus sekolah secara garis besar  berisikan kesepakatan penggunaan internet yang tepat oleh pihak yang terlibat


4.      Etika
a.       Usahakan Pesan yang disampaikan pendek dan simpel, coba untuk membatasi  pesan dalam satu halamn saja. Pikirkanlah sebelum menulis pesan tersebut.
b.      Identitaskan dirimu sebagai pengirim sesuatu dalam komunikasi, masukan namamu dan alamat sekolahmu
c.       Ulangi mengecek alamat di URL sebelum mengirim pesan.
d.      Ketika membalas sebuah pesan, sisipkan bagian dari surat aslinya
e.       Jangan tuliskan sesuatu yang kamu tidak ingin oranglain tau
f.       Cek kosakata, tatabahasa dan tanda baca
g.      Sensitiflah terhadap yang lainnya
h.      Jangan Gunakan Kata SARA
i.        Hati hati dengan rasa humormu
j.        Kerjasamalah dan berbagi
k.      Jagalah Keaslian Data
l.        Laporkan Kata Kata Tidak Senonoh


Sumber
Smaldino, Sharon E. Instructional Technology and Media For Learning. 2008

1 komentar: